Laman


Senin, 13 September 2010

Hanya naga yang bisa mengeluarkan asap dari hidungnya dengan aman.



Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika menyarankan kepada siapapun yang berusaha berhenti merokok untuk “ Berhentilah sama sekali dalam satu hari, bahkan satu menit –bagaimanapun caranya untuk membuat anda berhasil ‘ Sekaligus dalam satu menit.
            Siapapun yang melawan kecanduan tentu tahu bahwa satu menit adalah waktu yang sangat berharga.
Siapapun yang melawan kecanduan tentu tahu rasanya berada dalam cengkraman ketagihan, sulit untuk mengingat mengapa Anda ingin berhenti pada awalnya. Sulit untuk mengingat satu alasan agar tidak menyerah.
            Anda ingin sebuah alasan, Anda membutuhkan alasan. Disini juga, saat ini juga semoga tulisan ini menjadi salah satu alasan bagi Anda untuk tidak menyalakan rokok berikutnya, saya menuliskannya untuk membantu Anda menjadi seseorang yang Anda inginkan : Mantan Perokok.
            Merokok mengarah pada hal-hal yang buruk. Berhenti merupakan jalan  menuju kebaikan. Anda tentu sudah tahu itu. Namun, ketika desakan untuk merokok meluap-luap, anda mungkin akan kesulitan berpikir tentang apapun, kecuali mengambil sebatang rokok lagi.
            Menjadi seseorang yang bebas rokok mungkin merupakan tantangan tersulit yang pernah Anda hadapi. Dan sekali saja Anda berhasil, Anda punya hak penuh untuk merasa bangga terhadap diri sendiri .
            Anda bisa melakukan ini.
            Anda bisa melakukan ini.
            Anda bisa melakukan ini.
Suatu ketika ayahku pernah bertanya padaku, ingin kado ulang tahun apa  pada saat itu? Dan ku jawab : aku ingin ayah tidak merokok lagi, dan ini adalah terakhir kalinya aku melihat ayah merokok. Akupun mengambil rokok yang masih berada di antara jari-jarinya. Dia terdiam....dan ternyata itu satu-satunya kado yang paling lama baru ia berikan padaku, ....
Tanpa ku beritahu, aku yakin Ayahku tahu bahwa tembakau yang terbakar mengandung lebih dari 4000 zat kimia, termasuk 40 di antaranya di kenal sebagai penyebab kanker.
Setiap tahun, ribuan orang yang tidak merokokpun meninggal akibat kanker paru-paru di sebabkan asap rokok ( perokok pasif )
Dan akupun yakin, ayah dan para perokok lainnya tahu apa yang terkandung dalam rokok mereka :
Tembakau yang diisap mengandung zat kimia yang digunakan untuk menanam tembakau.
Nikotin menarik pembuluh darah yang dapat meningkatkan tekanan darah, merangsang jantung, serta menaikkan kadar lemak dalam darah.
Menyuntikkan- bahkan –satu tetes nikotin cair akan sangat mematikan.
Asap rokok yang putih mengandung hidrogen sianida.
Zat kimia di masukkan untuk membuat tembakau terbakar lebih cepat dan terasa berbeda.
Merokok mengurangi penyerapan vitamin C.
Bahan radioaktif  ditemukan dalam asap rokok, yang paling umum adalah polonium.
Meskipun apa yang saya tulis di atas itu belumlah mencakup semua zat berbahaya dari sebarang rokok, dan meskipun merekapun tahu, tapi nyatanya belum mampu mengubah pemahaman mereka menjadi seseorang yang tak lagi menyentuh ‘si putih’.
Ayahku menjadi seorang perokok selepas ia menyandang predikat mahasiswa, jadi begitu lulus lalu bekerja saat itulah ia mulai akrab dengan rokok hingga lebih dari tiga puluh tahun lamanya.
Hmm...jika aku hitung-hitung :
Harga satu karton rokok....ya Allah! Harganya semahal itu?
Satu bungkus perhari berarti 84 batang rokok per minggu
Satu bungkus per hari berarti 360 batang rokok  per bulan
Satu bungkus per hari berarti 4.380 batang rokok per tahun.
Satu bungkus per hari berarti 21.900 batang rokok dalam lima tahun.
Satu bungkus per hari berarti 43.800 batang rokok dalam 10 tahun.
Satu bungkus per hari berarti 65.700 batang rokok dalam 15 tahun
Satu bungkus per hari berarti 87.600 batang rokok dalam 20 tahun
Satu bungkus per hari berarti 109.500 batang rokok dalam 25 tahun.
Satu bungkus per hari berarti 131.700 batang rokok dalam 30 tahun.
 Mungkin bagi para perokok, merokok tampak seperti bercengkrama dengan teman lama, tetapi...sesungguhnya ia tidak pernah menjadi sebenar-benar teman bagi mereka.
Ayah mengidap sakit jantung, tapi tak  membuatnya berhenti untuk mengisap rokok dan masih setia membentuk lingkaran-lingkaran cincin dari setiap hembusan asap rokoknya. Dan sampai suatu ketika, ayahpun memilih vakum duet dengan “si putih” ketika dokter menyatakan bahwa ibuku memiliki masalah dengan paru-parunya akibat perokok pasif, kata dokter yang menanganinya asap rokok pada perokok pasif mengandung: Radon, Asbes, dan Benzena... Selain itu, tingkat partikel tar asap yang ada di dalam ruangan sering kali melebihi standar kualitas udara di luar ruangan. .Yup, jika dipikir-pikir ibuku jauh lebih lama mendampingi ayah dibandingkan kami keempat anaknya. Rata-rata kami selepas SMP pisah dari orang tua. Artinya dari mulai SMU hingga kami kuliah kami cukup jarang berinteraksi dengan ayah yang tiap harinya bagaikan kereta api mengepulkan asap L
Maka : apakah para perokok itu baru akan berhenti ketika akan kehilangan nyawanya atau minimal kesehatan orang yang ada di sekitar dia terganggu? Fiuhhh terlalu mendramatisir ya???
Satu hal yang aku tahu dari hasil wawancara dengan para perokok, apa efek positif yang membuat mereka betah berlama-lama hidup dengan si putih? Dan jawabnya, meringankan beban yang menumpuk di kepala. Mungkin yang perlu aku tambahkan adalah ‘seolah-olah’. Selain itu mengurangi rasa lapar- kalau ini aku dapatkan jawabannya dari salah seorang saudaraku yang jadwal kerjanya full dari jam 8pagi sampai dengan jam 9 malam. ( waktu itu kebetulan aku bertanya pada saat Ramadhan, dimana ia baru merasakan makan malam ketika usai bekerja ).
Dan dibalik itu semua ternyata para perokok yang “sadar” pun jumlahnya bejibun, mereka melakukan berbagai cara agar bisa “terpisah” dengan “si putih”.
Dengan metode hynoterapi, dengan mengunyah permen karet saat keinginan merokok itu menggebu, dengan membuang rokok-rokok yang ada di rumah dan berharap tidak menemukan satu batang rokokpun disana., dengan menunda kumpul-kumpul dengan teman-teman yang termasuk “gerombolan si perokok berat” dan adapula yang cukup dengan berjanji pada seseorang yang ia cintai, dan ia akan merasa sangat berdosa jika menjadi orang pertama yang menghianatinya.
Namun, adapula yang cukup “bebal” entah apa istilah yang tepat...mekipun iklan-iklan rokok selalu disertai efek samping dari bahaya merokok, namun faktanya itu tak mengubah semua justru para perokok cilik ramai bermunculan. Ada yang mengatakan : tak apa rajin merokok, kuncinya tetap makan dan minum dengan benar dan banyak berolahraga. Benarkah???
            Yang terakhir ingin aku tulis adalah : aku yakin, setiap perokok akan berhenti pada akhirnya-dengan satu cara atau lainnya, dan jauh di lubuk hati, Anda benar-benar peduli bukan?  ( alifa_1412 )

Tidak ada komentar: