Laman


Kamis, 27 Mei 2010

HEALTHY LIFESTYLE

Kalau punya aktifitas segudang, kita harus sehat untuk bisa menikmatinya!
Pernah teringat untaian kalimat di atas? Itu adalah rangkaian kalimat yang saya baca saat menikmati sebuah susu UHT….Ujung-ujungnya memang bagaimana kita sadar akan kesehatan dan berikhtiar untuk sehat.
Rasulullah Saw, bersabda :
Mintalah kalian kepada Allah ampunan dan kesehatan. Sesungguhnya setelah nikmat keimanan, tak ada nikmat yang lebih baik yang diberikan kepada seseorang selain nikmat sehat. “ ( HR Nasai )
Pada dasarnya, orang tidak cukup hanya tahu, tetapi juga harus paham benar dengan apa yang mesti dilakukannya. Jadi, apa rahasia sehat itu ?
Disini akan di bahas mengenai kiat hidup sehat, diantaranya :
  • Udara yang bersih
Sekuat tenaga kita menghindar dari udara yang akan meracuni tubuh sendiri. Jauhi polusi dengan segala daya, kondisikan hidup dalam udara yang bersih, sehat dan mengandung oksigen yang memadai. Dalam hal ini, hal yang paling saya hindari adalah polusi yang berasal dari ROKOK! Seseorang yang merokok, itu akan mengundang 1 miliar lebih radikal bebas yang tidak hanya membahayakan perokok, tapi juga penghirup udaranya. Rokok mengandung 4.000 bahan kimia berbahaya dan bisa menimbulkan 25 penyakit di tubuh manusia, baik itu laki-laki maupun perempuan. Meskipun banyak juga yang tidak perduli dan tidak merasa “dampaknya” itu tidak membuat saya menjadi orang yang “damai dan tentram” dengan seorang perokok, maka setiap saya naik kendaraan umum dan dimanapun saya berada saya harus berada dalam kondisi “bebas asap rokok”. Sedangkan polusi yang berasal dari asap kendaraan, biasanya saya memakai “masker” untuk melindungi diri “sementara waktu”.
  • Memperbanyak minum
Dengan syarat air tersebut bersih, dan kandungan mineralnya memadai untuk tubuh. Banyak minum air putih yang sehat akan sangat menolong kesehatan.
Hasil penelitian menunjukkan konsumsi air putih akan merangsang sistem saraf simpatis karena adanya peningkatan volume cairan di pembuluh darah. Rangsang simpatis ini akan menstimulasi aktifitas enzim lipase yang bertugas memecah lemak dan mengoptimalkan fungsi biosintesis lemak di saluran cerna dan hati. Dampaknya kadar lemak akan terjaga atau bahkan berkurang.
Adapun ketika minum, Rasulullah saw, minum sedikit demi sedikit dan tidak minum dengan sekali teguk karena hal itu akan menyebabkan air masuk bersamaan dengan udara. Minum sekali teguk juga akan mengakibatkan perut kembung dan sakit, mempersempit kerja lambung, serta mempersulit proses pencernaan.
Rasulullah Saw minum dengan tiga tegukan, lalu mengambil nafas, antara dua tegukan itu di luar gelas, bukan di dalam gelas.
Rasulullah Saw bersabda : “ Sesungguhnya bernafas tiga kali ketika minum sangat menyenangka, menyembuhkan dan lebih berselera. “ (HR Anas r.a )
  • Makanan yang seimbang .
Artinya, kita harus lebih banyak memakan makanan yang sesuai dengan susunan gigi. Gigi kita lebih banyak geraham daripada taring. Dengan demikian, jangan sampai terlalu banyak makan daging, perbanyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan, sehingga anti-oksidan dalam tubuh kita juga bertambah.
Dalam Islam dikenal pula strategi makan, dimana sebelum memulai prosesi makan di wajibkan untuk berdoa, sekurangnya menyebut nama Allah (Bismillah), dan doanya dapat di tafsirkan memohon keselamatan di akhirat kelak.
Oleh karena itu, doa tidak hanya berhenti sebatas ikrar lisan saja, tetap juga harus di wujudkan dalam bentuk konkret, termasuk memilih bahan makanan yang tepat, waktu makan yang tepat, porsi makan yang tepat dan cara makan yang tepat.
  • Istirahat yang memadai.
Eritrosit( sel darah merah) di produksi antara jam 9-12. Jadi, ada kesesuaian bahwa tidur awal memadai itu lebih menyehatkan. Tidur yang sehat itu adalah 8 jam/sehari. Kebutuhan untuk tidur seperti kebutuhan tubuh untuk makan dan minum. Tidur merupakan fase peristirahatan syaraf-syaraf yang tegang, otak yang terbebani tuntutan hidup, serta otot yang letih. Jadi kalau kurang tidur, hal itu akan melemahkan.
Awalnya saya pikir tidak ada pengaruhnya antara saya tidur awal dengan saya tidur belakangan(mendekati pagi hari) mengingat saya tipikal orang yang sangat sulit untuk tidur, apalagi kalau ada yang saya pikirkan maka saya bisa tidak tidur sama sekali. Hal ini sering terjadi, dan membuat saya letih sendiri. Tubuh terasa lelah namun kedua mata saya masih 1000 watt saat jam-jam dimana orang lain terlelap. Padahal itu tanpa tidur siang. Dan ternyata hal ini memang cukup melemahkan kondisi tubuh, jika pada siang harinya saya tidak beraktivitas yang cukup menyita waktu maka “tubuh ini terasa lunglai” namun hal itu tidak di rasa ketika beraktivitas yang “menguras energi”
Dan pada suatu hari ketika anemia serta vertigo saya “kambuh” saat dikonsultasikan ke dokter, ternyata jam tidur saya sangat berpengaruh karena mengurangi asupan oksigen ke dalam darah.. Dan di sarankan untuk mengubah jadwal keseharian, ada beberapa hal yang mesti saya perhatikan terutama jam tidur. Sekarang…sedang dalam proses….
  • Berolahraga yang teratur.
Olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup kita. Olahraga merupakan investasi kita untuk tetap sehat. Meneladani sabda Rasulullah Saw, bahwa generasi muda muslim hendaklah berolahraga fisik dengan cara berkuda, memanah, dan berenang, maka esensi yang perlu di telaah dari anjuran tersebut adalah kontribusi status biologis fisik terhadap pembentukan jiwa manusia yang sehat.
Kondisi ini nyaris serupa dan tidak ada bedanya antara pria dan wanita. Secara konseptual ketiga olah tubuh (Berkuda, Memanah dan Berenang) pilihan Rasulullah tersebut mencerminkan suatu pola sistematis dalam suatu tahapan pembangunan ruhiyah menuju jiwa yang istiqomah (konsisten), pengendalian emosi dalam proses pengambilan keputusan, kecepatan dan ketepatan analisis, kemampuan berbagai rasa (simpati dan empati), kemampuan koordinatif terhadap berbagai anggota gerak dan organ tubuh, kecepatan dan ketepatan dalam bertindak (mengambil tindakan), kemampuan adaptif terhadap lingkungan, dan penyelarasan antara kemampuan analitis dan pengambilan keputusan.

  • Kekuatan Ibadah, kekuatan doa.
Karena yang menggenggam tubuh kita adalah Allah, kita harus sangat berlindung kepada Pemiliknya. Kekuatan ibadah dan doa ini sangat mempengaruhi struktur molekul air di dalam tubuh kita dan 70% dari tubuh kita adalah air. Dengan demikian, akan membuat tubuh kita lebih sehat dan menguatkan sel-sel tubuh kita

Tidak ada komentar: